Jumat, 06 Februari 2009

perbaikan bodi repair dan bodi painting serta pemeliharaannya


BODY & CHASSIS REPAIR
































Saat ini terdapat 2 pilihan dalam perbaikan mobil, yaitu "BENGKEL BODY REPAIR" dan "BENGKEL KETOK MAGIC/HALUS". Masing-masing bengkel memiliki metode perbaikan yang berbeda, seperti bengkel ketok magic menggunakan metode "Ketok Halus" dan bengkel body repair menggunakan metode "Ketok Las" dalam memperbaiki body atau chassis mobil yang rusak. Masing-masing metode memiliki kelebihan dan kekurangan, namun pada prinsipnya kedua metode tersebut bertujuan sama yaitu memperbaiki body - chassis agar dapat di rekondisi seperti sebelumnya.
Pada setiap proses perbaikan body maupun chassis, hasil akhir sangat tergantung kepada pengalaman/keahlian pekerja dan metode perbaikan yang diterapkan. Tidak semua bengkel dapat menerapkan metode ketok las dan ketok halus secara bersamaan, karena terdapat keterbatasan tenaga ahli ketok halus saat ini. Pada umumnya bengkel menerapkan hanya satu metode saja yaitu ketok las untuk melakukan perbaikan-perbaikan pada body dan chassis.
Menggabungkan kemampuan metode ketok halus dan tehnik ketok las adalah improvisasi dari Bengkel Berkah Motor dalam memaksimalkan proses perbaikan pada setiap mobil pelanggan. Kami yakin, keberadaan dua metode tersebut akan saling mendukung satu sama lainnya pada setiap proses perbaikan body maupun chassis kendaraan.Contoh Pengerjaan Chassis Repair: Dalam memperbaiki chassis kendaraan yang bengkok; perbaikan dengan metode ketok halus (Pressing) sangat tepat untuk menjaga dan mempertahankan kekuatan chassis tersebut. Sebaliknya bila bagian chassis patah, terlipat, atau putus maka metode ketok las diperlukan untuk memperbaiki chassis tersebut.




Contoh Pengerjaan Body Repair:Body kendaraan penyok dan plat body tidak memuai/terlipat, maka metode ketok halus sangat tepat dilakukan untuk memperbaiki body tersebut tanpa merusak permukaan plat/cat (keorisilan tetap terjaga). Sebaliknya bila kondisi plat body memuai/terlipat maka untuk memperbaiki body kendaraan tersebut diperlukan metode ketok las dan kemudian dirapikan dengan metode ketok halus.
Ketok Halus

Ketok Las




Dalam menangani perbaikan mobil tabrakan, banyak hal yang perlu dicermati dalam proses perbaikan agar hasil yang diperoleh maksimal. Kurangnya pengetahuan dan pengalaman dalam memperbaiki mobil tabrakan sering menyebabkan hasil perbaikan kurang maksimal, seperti:
1.
Chassis & body tidak presisi (miring).
2.
Kaki-2 maupun roda depan-belakang tidak simetris.
3.
Stir mobil selalu lari kekiri-kekanan dan laju kendaraan tidak bisa stabil (tidak bisa di spooring).
4.
Jarak body kanan-kiri & depan-belakang dengan permukaan tanah tidak sama.
5.
Pendempulan body tebal pada bagian body yang rusak (keterbatasan pada kemampuan ketok halus). Dengan didukung oleh anggota-anggota group Berkah Motor dan selaku perwakilan maupun kepercayaan setiap pelanggan, kami yakin perbaikan setiap mobil tabrakan dapat dilaksanakan secara maksimal dan menghindari terjadinya lima point diatas. Dari sekian portfolio kerja yang telah diselesaikan oleh anggota kami, berikut portfolio kami yang dilengkapi dengan foto dari proses awal hingga akhir. Dikarenakan cukup banyak portfolio yang fotonya tidak lengkap, oleh karena itu kami hanya menampilkan portfolio kami yang lengkap dari awal hingga akhir proses perbaikan.

Perbaikan Body & Cat Cepat A la Auto 2000
Rabu, 10 Desember 2008, 22.19 WIB
function openWindow() {
popupWin = window.open("http://tv.kompas.com/video/popup/081210_h_otomotif.html", "remote", "width=800,height=450,location=no,menubar=no,resizable=no,status=no,toolbar=no")
}
Get the Flash Player to see this player.
var s2 = new SWFObject("http://tv.kompas.com/video/mediaplayer.swf","playlist","430","257","7");
s2.addParam("allowfullscreen","true");
s2.addParam("allowscriptaccess","always");
s2.addVariable("file","http://tv.kompas.com/video/xml/081210_h_otomotif.xml");
s2.addVariable("displayheight","237");
s2.addVariable("height","257");
s2.addVariable("width","430");
s2.addVariable("showicons","true");
s2.addVariable("usecaptions","false");
s2.addVariable("usefullscreen","true");
s2.addVariable("logo","http://tv.kompas.com/video/midroll.swf");
s2.addVariable("callback","analytics");
s2.addVariable("searchbar","false");
s2.write("player");
Padatanya kendaraan di jalan raya, membuat jalan yang dipakai menjadi semakin sempit. Sehingga tak sedikit pula kendaraan tersebut bersenggolan atau pun menabrak sehingga menimbulkan kerusahaan di tubuh kendaraan. Tetapi bagi orang yang memiliki tingkat mobilitas yang tinggi kendaraan merupakan alat transportasi yang penting. Bahkan ada juga yang menghabiskan hari di atas kendaraannya.Kerusakan pada kendaraan tentunya mengganggu dan harus segera diperbaiki. Saat ini bengkel yang menjanjikan ketepatan waktu dan hasil yang memuaskan sangat jarang ditemui. Hal inilah yang menjadi inspirasi Auto 2000 untuk membuat layanan 'Express Body and Paint'.Layanan 'Express Body and Paint' oleh Auto 2000, menjanjikan kepada konsumennya kepuasan dan efisiensi waktu. Kini layanan express Auto 200 baru ada di dua lokasi yakni Auto 2000 Sunter dan Auto 2000 Bekasi, tepatnya di jalan Diponegoro no.38 Bekasi Timur.Disebut express karena kerusakan ringan (light body repair) maksimal 3 panel akan selesai dalam jangka waktu 8 jam. Dengan begitu jika kerusakan hanya dibawah 3 panel akan semakin mempersingkat waktu. Sehingga tidak perlu menunggu hingga berhari-hari untuk melihat kendaraan kembali seperti semula.Konsumen pun tak perlu khawatir dengan layanan singkat ini, karena perbaikan dan pengecatan dilakukan oleh mekanik berpengalaman.Perbaikan yang dilakukan dibagi dalam 10 stall, mulai dari stall pelepasan body, stall pengecatan sampai pada stall paling akhir pencucian.Layanan express ini dilakukan tanpa tambahan biaya ditambah juga dengan garansi selama 3 bulan jika perbaikan yang dilakukan mengalami kerusakan. Layanan Express body & paint sejenis juga akan diaplikasikan di Auto 2000 Bandung, Medan dan kota-kota besar lainnya. Bagi konsumen yang ingin mendapatkan layanan ini maka, kendaraan yang hendak diperbaiki sebaiknya tiba di bengkel paling lamat pukul 8 pagi.
II. SEKILAS TENTANG MITRA MOTOR1. LATAR BELAKANGKabupaten Bogor khususnya wilayah Cileungsi, Gunung Putri, Jonggol, Cibubur dan sekitarnya dalam perkembangannya bukan saja merupakan kota transit/kota perlintasan bagi mereka yang akan melakukan perjalanan dari bagian barat ke bagian timur, utara ke selatan pulau jawa , maupun sebaliknya, tetapi juga merupakan kota penyangga bagi Daerah Khusus Ibukota Jakarta.Gambar : Mitra Motor Tampak LuarBelum memadainya sarana angkutan umum diwilayah tersebut telah menyebabkan meningkatnya populasi kendaraan pribadi, baik roda dua maupun roda empat , mengingat sebagiaan besar warganya mempunyai aktipas di wilayah DKI Jakarta. Seiring dengan meningkatnya populasi kendaraan bermotor, terutama mobil diwilayah kota kabupaten Bogor, maka jumlah kendaraan yang melintasi wilayah ini meningkat pula. Hal tersebut telah menyebabkan timbulnya kebutuhan akan adanya sarana-sarana layanan perawatan dan perbaikan mobil yang dapat memenuhi tuntutan masyarakat yang sedang berkembang berupa pusat layanan pusat perawatan dan perbaikan mobil yang berkualitas, yang merujuk atau setara standard layanan bengkel Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM).Melihat peluang tersebut, beberapa propesional muda bersepakat dan berprakarsa untuk mendirikan sebuah pusat layanan perawatan mobil terpadu yang berkualitas yang diberi nama MITRA MOTOR .Tanggal 6 Mei 1996 , MITRA MOTOR memulai usahanya sebagai pusat layanan perawatan dan perbaikan mobil di Jl. Raya Narogong Km.21 Cileungsi Bogor. Lokasinya tepat berada dijalan Raya Utama yang ramai dan strategis yang merupakan Jalan Lintasan antara Bekasi-Bogor.2. RUANG LINGKUP USAHADengan mengandalkan pengalaman sumber daya manusia yang profesional dalam bidangnya masing-masing serta didukung dengan peralatan yang memadai, MITRA MOTOR menawarkan pelayanan terbaiknya dalam beberapa hal diantaranya:- Perbaikan body mobil (automobil bodi repair )- Perawatan dan Perbaikan mobil.- Penjualan suku cadang , accessories dan variasi mobilSebagai sebuah usaha yang baru mulai, pembenahan diri kedalam terus menerus kami lakukan dalam rangka meningkatkan kepuasan. MITRA MOTOR berusaha memposisikan diri sebagai pusat layanan mobil diwilayah Bogor, karena kami ingin agar pelanggan dapat menggunakan waktunya sebaik mungkin dan memperoleh hasil layanan yang cepat dan memuaskan dengan harga yang terjangkau.Sebagai pusat layanan mobil terpadu, MITRA MOTOR bukan Cuma sekedar bengkel mobil biasa, tetapi akan kami kembangkan citranya sebagai sebuah “bengkel komplit” , sehingga pelanggan cukup datang ke MITRA MOTOR, maka seluruh keluhan akan teratasi dan kebutuhan akan terpenuhi.3. STRUKTUR MANAJEMENSebagai suatu usaha yang mengutamakan team manajemen yang solid, kedisiplinan kerja dan kejujuran, maka MITRA MOTOR membentuk struktur Manajemen sebagai berikut :Ma MarketingAdministrasiService AdvisorQualityControlFinanceLasGENERAL MANAGEREstimatorDriverCatPurchasingGudangKeamananDempulMekanikMa ProduksiFinishingKasirMasangerMITRA MOTOR sebagai usaha baru dibidang automotive berupaya keras agar jumlah sumber daya manusia yang ada terus di kembangkan untuk dapat memberikan hasil yang maksimal dan memuaskan kepada pelanggan. Oleh sebab itu sumber daya manusia di MITRA MOTOR terdiri dari tenaga-tenaga inti yang professional dibidang manajemen dan didukung oleh tenaga-tenaga mekanik yang terlatih dan handal dalam menangani berbagai jenis merk dan type mobil.Sebagian dari para mekanik kami berasal dari Institut-institut Pelatihan Kejuruan, selain mereka yang pernah berkarir dibengkel-bengkel besar berkualitas dikota metropolitan DKI Jakarta. Disamping itu juga kami selalu berusaha untuk meningkatkan kinerja para karyawan dan teknisi yang kami miliki dengan cara menjalin kerjasama dengan Institut-institut Pelatihan Manajemen dan para Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) yang memiliki program pelatihan untuk menyelenggarakan pelatihan bagi para karyawan kami.4. KAPASITASMITRA MOTOR berlokasi diatas tanah seluas 1.600 meter persegi yang diperuntukan bagi 2 (dua) divisi yaitu :A. Divisi Perawatan dan Perbaikan MobilDivisi ini memiliki kemampuan untuk melayani perbaikan dan perawatan mobil, meliputi mobil- mobil buatan Jepang, Korea, Eropa dan Amerika karena didukung oleh peralatan-peralatan khusus.Data kinerja penyelesaian layanan per hari adalah :- Lahan parkir, bengkel reperasi dan pencucian mobil : 400 meter persegi- Daya tampung mobil : 25 unit/hari- Kinerja bagian mekanik perbaikan mobil : 20 unit/hari- Kinerja bagian Ban, Spooring & Balancing : 15 unit/hari- Kinerja bagian Air Conditioning dan Kelistrikan mobil : 5 unit/hari- Kinerja bagian Cuci mobil : 20 unit/hariB. Divisi Body Repair dan Salon MobilDivisi ini mampu melakukan perbaikan badan kendaraan yang rusak berat. Pelanggannya terdiri dari perorangan dan badan-badan usaha, baik yang dijamin oleh perusahaan-perusahaan asuransikendaraan bermotor maupun yang tidak dijamin.Gambar. Hasil Pengerjaan KendaraanData kinerja penyelesaian layanan per hari adalah :- Luas lahan parkir : 1.300 meter persegi- Daya tampung mobil : 70 unit- Kemampuan penyelesaian body repair & painting : 10 unit/hari- Kemampuan penyelesaian salon mobil : 5 unit/hariSisa lahan seluar 300 meter digunakan untuk bangunan Counter Penjualan, kantor manajemen dan administrasi, ruang tunggu untuk tamu dan pelanggan, musholla, kantin umum, toilet, ruang ganti karyawan, gudang, ruang perkakas, raung pompa air, ruang compressor, ruang generator pembangkit tenaga listrik dan lain-lain.Gambar : Ruang Tunggu dan Ruang AdministrasiBila diperlukan kemampuan kerja tersebut diatas masih dapat ditingkatkan lagi dengan cara menambah peralatan dan sumber daya manusia. Dalam rangka menciptakan suasana bengkel yang nyaman dan ramah lingkungan, MITRA MOTOR berusaha terus menerus memelihara kebersihan lingkungan kerjanya. Perlindungan kesehatan dan keselamatan kerja dengan mengikutsertakan Jamsostek juga merupakan kepedulian dari manajemen MITRA MOTOR, termasuk perlindungan terhadap keselamatan kendaraan pelanggan dari bahaya kebakaran ataupun huru-hara.III. JENIS-JENIS JASA LAYANAN1. Divisi Perawatan dan Perbaikan MobilPada divisi ini terdapat beberapa jenis jasa layanan yang berhubungan dengan perawatan, perbaikan dan peningkatan kinerja mobil para pelanggan, antara lain :- Penggantian oli mesin, oli transmisi, oli gardan- Tune up mesin bensin dan mesin diesel- Perbaikan sistim mekanisme mobil, sistim suspensi, sistim rem dan sistim pendinginan mesin.- Turun Mesin (Engine Overhaul)- Spooring, balancing dan pemasangan ban baru- Servis AC, Isi Freon dan pemasangan AC baru- Pemasangan sistim audio- Pemasangan kaca film, variasi dan asesoris- Perbaikan sistim power steering- Perbaikan sistim kelistrikan mobil, power window dan central lock- Pencucian mobil dan lain-lain2. Divisi Body Repair dan Salon Mobil Divisi khusus melakukan perbaikan pada badan mobil yang rusak atau cacat karena benturan, terserempet atau tergores dari kasus yang paling ringan sampai yang paling berat. Beberapa jasa layanan yang dapat dikerjakan antara lain :- Pekerjaan ketok komponen body kendaraan yang rusak ringan dan rusak berat- Pekerjaan meluruskan chasis yang berubah bentuk/bengkok- Modifikasi badan mobil- Pekerjaan pengelasan, memotong, menyambung dan membentuk- Pekerjaan pengecatan full body dengan sistim oven.Gambar : Epoxy dan Pengecatan- Pengecatan untuk kerusakan-kerusakan kecil dan ringan dengan atau tanpa oven- Pemasangan kaca dan karet kaca- Perbaikan rangka (frame) mobil- Salon mobil yang meliputi poles cat mobil, pembersihan kerak air/kotoran pada sela-sela badanmobil dan mesin, pembersihan interior mobil, jok atau kursi mobil dan karpet, poles kaca yangtergores, poles jamur kaca dan lain-lain3. Divisi PenjualanDivisi ini berfungsi melakukan penjualan komponen-komponen mobil yang dibutuhkan pelanggan seperti : suku cadang mobil , variasi, ban velg racing, oli, accu, suku cadang AC, dan lain-lain4. Fasilitas PembayaranUntuk mempermudah pembayaran, kami menyediakan beberapa fasilitas pembayaran diantaranya diantaranya dengan kartu kridit VISA dan MASTER, Debit BCA, BCA Card, Visa Elektron dan Maestro Card. Bagi perusahaan atau badan usaha yang telah menjadi rekanan atau pelanggan tetap, MITRA MOTOR dapat memberikan tenggang waktu pembayaran.IV. FASILITAS PERALATANFasilitas peralatan yang disediakan di MITRA MOTOR adalah fasilitas peralatan yang cukup canggih dan modern untuk mendapatkan hasil kerja yang maksimal serta mempersingkat waktu bagi para pelanggan. Fasilitas peralatan tersebut antara lain :1. Fasilitas untuk Perawatan dan Perbaikan Mobil- Mesin Spooring Infrared Komputer 4 Sensor- Mesin Balancing (wheel balancer)- Mesin Pembuka Ban (tyre changer)- Ruang perkakas untuk menyimpan peralatan/perkakas khusus- Single Post Hydraulic Lift untuk pencucian mobil- Two Post Lift Kapasitas 3 tonGambar. Two Post Lift dan Mesin Spooring- Cisser Lift- Engine Scaner EFI- Engine Analizer- Suction Oli (Vacum Oli)- Kompresi Tester- Nosel Injektor Tester- Four Gas Analizer / Alat Uji Emisi- Engine Crane untuk mengangkat mesin sewaktu overhaul- Kompressor Udara- Mesin Pompa Oli Transmisi dan Gardan- Mesin Pompa Tembak Gemuk- Mesin Hydraulic Press- Mesin Bor Listrik- Mesin Gerinda Listrik- Dongkrak Buaya- Jack Stand- Pompa Pendorong Air Tekanan Tinggi- Mesin Vacum Kompresor AC- Tabung-tabung pemadam kebakaran- Dan berbagai macam perkakas mekanik mobil, AC dan Ban2. Fasilitas untuk Body Repair dan Salon Mobil- Spray booth – ruang oven- Mesin Pencampur Warna ( Color Mechine )- Ruang pencampuran cat- Hot GunGambar : Ruang Over dan Mesin Pencampur Warna- Alat Sedot Penyok (Spot Listrik)- Kompresor Angin 5PK Merek Meiji- Peralatan ketok body mobil- Cutting torch- Botol gas acytelinGambar . Spot Listrik, Genset dan Kompresor Angin- Botol gas oksigen- Mesin Gerinda- Mesin Genset 13PK- Rak-rak penyimpanan peralatan dan komponen mobil pelanggan yang sedang menjalaniperbaikan- Tabung pemadam kebakaran 5 tabung- Mesin las listrik dan lain-lainV. FASILITAS UNTUK PELANGGANMenunggu adalah pekerjaan yang paling membosankan adalah ungkapan kejemuan seseorang yang telah lama menunggu. Hal itu tersebut sangat kami mengerti. Oleh karena itu kami berusaha semaksimal mungkin menyediakan fasilitas yang diharapkan dapat menghilangkan kejemuan dan kejenuhan pelanggan selama menunggu mobilnya diperbaiki/dilayani.Beberapa fasilitas yang kami sediakan antara lain adalah :- Ruang tunggu yang luas dan nyaman- Kantin umum- Musholla- Toilet dan lain-lainUntuk wilayah Cileungsi, Gunung Purti, Cibubur, Jakarta, Jonggol dan Bekasi kami menyediakan layanan antar jemput mobil pelanggan yang bermasalah atau hanya sekedar servis rutin.VI. WAKTU PELAYANANKepedulian kami terhadap pelanggan membuat kami siap melayani pelanggan setiap hari kecuali hari Minggu, sehingga memungkinkan para pelanggan lebih leluasa mengatur waktu luangnya untuk berkunjung ke MITRA MOTOR.Waktu pelayanan kami adalah :Hari : Senin sampai dengan SabtuWaktu : Pukul 08.00 sampai dengan 17.00 WIBCustomer servis kami akan siap membantu dan melayani para pelanggan dengan ramah dan cekatan dan siap melayani antar jemput kendaraan yang akan diservis.VII. PETA LOKASIGRIYA ALAMSENTOSALIMUSPRATAMAREGENCY UTARA KeTol BekasiJagorawiJl. Raya Narogong MITRA MOTORPERUMCILEUNGSIHIJAUKeJakartaKOTATAMANMETROPOLITAN KOTAWISATAJl. Alternatif Cibubur-Cileungsi Jembatan Layang Cileungsi Jl. Raya Cileungsi-JonggolKe Cibubur ke JonggolPONDOKDAMAIDUTAMEKARASRIKOTALEGENDAJl. Raya NarogongMALLCILEUNGSIGRIYAKENARIMAS ke Bogor TolJagorawiKeCiteureupSELATANVIII. DAFTAR PELANGGAN DAN REKANAN KERJADaftar perusahaan rekanan :PT. Sumber Alfaria Trijaya (Alfa Mart)PT. Voksel ElektrikPT. Citra Kreasi Indonesia (Philips)PT. IndessoPT. Lintas AdhikridaPT. Tri Banyan TirtaPT. Indomitra SedayaPT. Citrakreasi Makmur (Phillips)PT. Agung Mustika SelarasPT. Cipta Mandiri WirasaktiPT. Natra RayaRumah Sakit ThamrinRekanan-rekanan perusahaan diatas semua bekerja sama dalam bidang perawatan dan pemeliharaan engine hingga body repair baik itu kendaraan maupun alat berat yang sudah
Posted by mitramobil.com at 9:49 PM

Tidak ada komentar:

Posting Komentar